LANGKAH MENYUSUN BUKU BERSAMA BPK. YULIUS ROMA PATANDEAN S.Pd. 24 MEI 2021
RESUME KE 17, BELAJAR MENULIS GELOMBANG 18, 24 MEI 2021
TANGGAL PERTEMUAN : 24 MEI 2021
RESUME KE : 17
TEMA : LANGKAH
MENYUSUN BUKU
NARSUM : BPK YULIUS ROMA
PARTENDEAN SPd.
GELOMBANG : 18
MODERATOR : IBU. RITAWATI
Materi hari ini sebagaimana yang tercantum didalam
flyer yaitu LANGKAH MENYUSUN BUKU dibawakan dengan apik oleh Bapak Yulius Roma
Pantandean,S.Pd. Seorang guru
diSMAN 5 Tana Toraja, Prov. Sulawesi Selatan. Selain sebagai guru, ia
juga pernah menjadi pengajar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas
Kristen Indonesia Toraja, Tutor Universitas Terbuka dan Fasilitator Belajar
Yayasan Terampil Indonesia. Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di
Universitas Kristen Indonesia Toraja tahun 2007. Saat ini ia masih menempuh
pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
Dalam bidang kepenulisan, ia sudah berhasil menerbitkan buku sebagai berikut :
1.
Guru Menulis Guru Berkarya (Penerbit
Education, 2020);
2.
Digital Transformation: Generasi Muda
Indonesia Menghadapi Transformasi Dunia (Penerbit ANDI, 2020)
3.
Flipped Classroom (Penerbit ANDI, 2020).
4.
Berikut pemaparan yang disampaikan pada
kelas menulis KSGNyaitu Penerbit Andi.
Saya pribadi sesungguhnya belum mengenal beliau baik digelombang 17 maupun via Zoom atau mungkin ada yang terlewat oleh saya karena sesuatu dan lain hal.
Menyimak paparan pak Yulius malam ini, tentang Penyusunan Buku, sudah disinggung sebelumnya oleh ibu Musiin. Beliau menggunakan kerangka atau struktur penulisan yang mengacu pada kerangka/struktur yang digunakan oleh pak Yulius sebagaimana yang tercantum dalam kanal youtube beliau di https://www.youtube.com/watch?v=eePQwyHAcjw&feature=youtu.be
Sebagaimana dijelaskan oleh narasumber pada kanal youtube pribadinya https://youtu.be/jXPr59aWJSc, berikut ini adalah rangkuman dari hasil paparan beliau:
Membuat Daftar Isi Otomatis
Setiap tulisan pasti ingin terlihat rapi. Dengan tulisan
rapi maka pembaca akan merasa nyaman saat membacanya. Termasuk dalam membuat
daftar isi sebuah buku.
Hampir semua pengguna Microsoft Word mungkin sudah mampu membuat daftar isi yang rapi. Tapi jika ada cara yang lebih efektif dengan waktu relatif singkat, tidak ada salahnya dicoba.
Berikut langkah-langkah membuat daftar isi rapi secara otomatis :
1. Beri nomor halaman
Naskah buku biasanya menggunakan ukuran kertas A5.
Saat naskah buku sudah jadi beri halaman pada naskah tersebut. Untuk halaman
judul, kata pengantar, prakata, daftar isi dan daftar tabel biasanya
menggunakan angka Romawi dalam penomoran halaman. Sedangkan untuk bab 1 dan
seterusnya menggunakan angka Arab (biasa).
Jika dalam satu naskah memuat nomor halaman yang
berbeda antara angka Romawi dan angka Arab, maka untuk memisahkannya dengan
cara :
1.
buat nomor halaman dengan klik pada
tulisan "Bab I"
2.
klik "Page Layout" dan kemudian
klik "Break"
3.
buka tanda panahnya sehingga muncul
beberapa pilihan, kemudian klik "Section Break Next Page"
4.
setelah terpisah, nomor halaman pada Bab I
akan hilang, dan kita buat nomor halaman baru menggunakan angka Arab.
2. Pastikan format pada setiap judul bab menggunakan "Heading 1" dan format judul sub bab menggunakan "Heading 2".
3. Buka halaman daftar isi, kemudian klik pada halaman tersebut hingga kursor ada pada bagian bawah tulisan judul "Daftar Isi".
4. Klik menu References, kemudian cari sub menu "Table of Content" sehingga muncul beberapa pilihan kemudian klik "Table of Content"
5. Daftar isi akan terbuat secara otomatis dan pastinya rapi.
Membuat Kutipan Otomatis
Kutipan dalam sebuah buku merupakan sumber rujukan
yang akan mendukung kualitas sebuah buku. Dalam menulis kutipan ini tentu saja
menjadi penting menyebutkan dari mana sumber kutipan tersebut berasal
Agar sumber kutipan bisa langsung atau otomatis masuk
daftar pustaka, berikut langkah-langkahnya :
1.
Klik menu References
2.
Pilih sub menu "Manage
Resources"
3.
Setelah muncul jendela baru, klik
"new"
4.
Pilih "Books"
5.
Tulis pada kolom dibawahnya isi dengan
nama penulis, judul buku, tahun penerbitan, kota dan nama penerbit.
6.
Klik "Ok"
7.
Letakan kursos pada ujung kalimat kutipan,
kemudian klik "Insert Citation".
8.
Hasilnya, sumber kutipan akan otomatis
muncul disamping kalimat kutipan tersebut
Membuat Daftar Pustaka Otomatis
Langkah membuat daftar pustaka secara otomatis sama dengan langkah-langkah membuat kutipan di atas. Karena data sudah masuk dalam menu References, maka agar muncul secara otomatis dalam daftar pustaka cukup dengan klik menu References dan pilih sub menu "Bibliography" dan daftar pustaka secara otomatis jadi.
Jika sumber daftar pustaka bukan dari buku tapi dari
internet semisal website atau blog, maka langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.
Buka menu References
2.
Pilih sub menu "Manage
Resources"
3.
Klik "New"
4.
Pilih "Website"
5.
Isi penulis dengan yang membuat tulisan di
website, isi judul tulisan, nama website, tahun, bulan, tanggal dibuat, kapan
tanggal mengakses, dan isi juga alamat url tulisan dengan cara copy paste.
6.
Jika ingin memasukan kutipan tulisan dari
internet, cukup klik "Insert Citation" dan pilih sumber yang sudah
dibuat tadi.
7.
Untuk memasukan daftar pustaka baru ini,
klik pada halaman Daftar Pustaka kemudian pada tabel yang ada klik
"Update" dan Daftar Pustaka baru terbuat secara otomatis.
Membuat Indeks Otomatis
Pada penerbit mayor, indeks biasanya dibutuhkan guna
memudahkan mencari kata-kata penting dari buku bacaan. Indeks akan memuat
halaman dari setiap kata tersebut sehingga pembaca akan mudah menemukan pada
halaman yang dimaksud.
Berikut cara membuat indeks secara otomatis :
1.
Block kata yang dianggap penting, kemudian
klik "Mark Entry"
2.
Ulang hal tersebut untuk semua kata yang
dianggap penting.
3.
Masuk halaman indeks kemudian klik
"Insert Index" maka indeks secara otomatis akan terbentuk.
4.
Jika ingin menambah indeks, lakukan
langkah pada nomor 1, kemudian klik "Update Index" pada halaman
indeks yang sudah dibuat.
Demikian tulisan tentang cara membuat Daftar Isi, Kutipan, Daftar Pustaka dan Indeks secara otomatis pada Microsoft Word. Untuk lebih jelas lagi bisa dilihat melalui youtube pada link
Tidak
ada rumus khusus dalam penyusunan naskah, melainkan penulisan yang mengacu pada
KBBI serta memperhatikan hal hal yang kecil seperti tanda baca, imbuhan
preposisi, pemenggalan kata atau suku kata dan tentunya typo.
Dan biasakan memeriksa kembali tulisan pada naskah sebelum dipublikasikan atau sebelum dikrim ke penerbit, agar tidak terjadi penolakan atau pengembalian untuk revisi total.
Disamping itu isi dari tulisan harus berhubungan satu sama lain agar enak dibacanya, tidak lompat-lompat. Pada intinya rapikan dahulu tulisannya sebelum dipublikasikan. Lain halnya apabila tulisan yang tidak berhubungan tetapi memiliki judul tersendiri atau berdiri sendiri dalam setiap bab maka bisa dijadikan naskah BUKU BUNGA RAMPAI.
Menyusun naskah buku
adalah masa dimana kita bisa menikmati tulisan serta mengembangkannya menjadi
berbagai macam cerita. Dan ide seringkali dating pada saat kita menulis yang
akhirnya dituangkan dalam tulisan serta mencari kata/kalimat lain yang bisa
terhubung atau berhubungan dengan naskah yang telah ditulis diawal cerita. Dari
kumpulan naskah-naskah tersebut, siap dikirim kepenerbit untuk menjadi sebuah
buku,
Sudah direguk ilmunya. Tinggal praktik nih
ReplyDeleteInsyaAllah ibu, terimakasih
DeleteMasyaallah lengkap banget materi-nya dan sangat bermanfaat, next langsung coba nih biar bisa. Hehehe :v
ReplyDeleteThankyou sholehaku. Ia nih mam lg belajar menulis bersama OGRI dan sedang mentusun nasksh untuk menjadi buku. Bantu doa ya biar lancar
DeleteMateri blognya To The Point Ringkas Dan Bisa Banget Utk Referensi
ReplyDeleteThank you. Ia bisa dijadikan acuan u mapeli BINDO
Deletemateri blognya bagus dan lengkap
ReplyDeleteThankyou Yongky
DeleteSemangat terus yah nda.. Dikit lagi pasti bisa
ReplyDeleteAamiin, mksh supportnya bu cantik
DeleteTerimakasih pak,akhirnya dapat juga referensi
ReplyDeleteSama sama pak. Alhamdulillah bila tulisan saya bisa menjadi referansi. kita sama2 belajar ya pak. Btw saya ibu, pak 😊
DeleteWah, bermanfaat sekali ya, ilmunya. Tinggal dipraktikkan nih. Yuk ...
ReplyDeleteAlhamdulillah. InsyaAllah bun. Tinggal merapikan halaman. Setelah diklik ke A5 jadi berantakan sdg diedit dulu u yg pertama
Delete