WEBINAR “Mendisain PJJ Yang Efektif dan Menyenangkan

RESUME PERTAMA NGOBRAS BARENG OM JAY DENGAN NARSUM2 YANG CIAMIK, SELAMA PEMBELAJARAN PUBLIC SPEAKING BERSAMA PGRI melalui WEBINAR APKS


 


AKTIFITAS FEB RUARY HINGGA MARET 2021 

Saya bergabung digroup yang dibuat oleh Om Jay dan YPTD pada akhir January 2021. Digroup group tersebut saya belajar dari orang orang hebat untuk bagaimana bisa menulis, seperti Antalogi, memoar, solo atau karya ilmiah. Saya belum mengikuti lomba menulis yang diprakarsai oleh om Jay. Namun saya mengikuti pembelajaran menulis setiap hari baik via wag maupun zoom. Kegiatan yang digagas oleh Om Jay untuk meningkatkan kemampuan guru guru didalam menulis dan berbicara dimuka umum ini sangat bermanfaat sekali bagi guru guru khususnya dimasa pandemic ini. 

Menurut om Jay jangan berhenti menulis. Tulislah dan mulai dari sekarang. 

Kata kata om Jay tersebut membangkitkan kembali ghirah menulis saya. Saya dulu pernah menulis artikel artikel kecil ketika masih SLTA ditahun 70an. Saat itu saya menulis tentang politik dengan nama samaran. Alhamdulillah diterbitkan oleh harian umum KOMPAS dan POS KOTA. Sayangnya klippingnya sudah hilang akibat banjir besar, dan banyak menghilangkan dokumen penting seperti ijazah, akta kelahiran dan lain lain. Jadi repot lagi ngurus surat penting. Harus kesana kemari dan yang paling melelahkan itu dibola kesana kemari kalau pakai jalur resmi, 

Resume  pertama yang saya ambil adalah dari youtube om Jay yaitu:

“Mendisain PJJ Yang Efektif dan Menyenangkan

Narsum : Bpk Wijaya Kusumah (Om Jay)

Ngobras bareng ini saya mengikutinya via youtube om Jay melalui link: https://youtu.be/XvR-zUo3vGE  

Gambar diambil dari blog Om Jaya
Menurut cerita Om Jay bahwa Om Jay banyak menulis bagaimana mendesign pendidikan serta melakukan seminar seminar pendidikan keseluruh Indonesia. Namun diera Pandemi ini selama beliau menghadapi cobaan yaitu terserang virus Corona om Jay menggunakan kesempatan tersebut untuk menulis kembali dan membuat pembelajaran menulis bagi guru guru melalui web dan wa group. 

 Om Jay, beliau  tidak tahu kapan dan dari mana serta bagaimana terserang virus tersebut.

 Sebelum lanjut, ada baiknya kita simak profile Om Jay terlebih dahulu:

Nama asli Om Jay adalah Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, beliau seorang Guru, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Beliau telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu selalu ditulis di http://kompasiana.com/wijayalabs.

Om Jay selalu bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Om Jay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya.

Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com

 
Wah banyak sekali ya kegiatan dan kiprah Om Jay dalam memajukan anak anak bangsa melalui bimbingan teknis pada guru guru penggeraka bangsa

Saran Om Jay, dalam melakukan PJJ daring hal pertama yang harus dilakukan adalah:

1.      Kenalilah kemampuan ekonomi orang tua siswa

2.      Membuat sistim pembelajaran melalui media, dengan memiliki cici ciri sebagai beriku:

a.       Mempunyai kekuatan menjelaskan sendiri

b.      Dapat digunakan sesuai denga kecepatan belajar siswa masing masing

c.       Bahan pembelajaran yang dapat dipelajari secara individual.

Untuk membuat media pembelajaran yang harus dilakukan menurut om Jay adalah:

1.      Bahan pembelajaran yang komunikatif dan interaktif

2.      Multi media based, computer based, printed based material

3.      Mengandung komponen utama strategi pembelajaran yang lengkap

4.      Mengandung kompetensi yang lengkap, yaitu:

·         Pendahuluan: Tujuan Pembelajaran (format A, B, C, D dst) deskripsi singkat pembelajaran, manfaat bagi peserta didik bila mancapai tujuan pembelajaran

·         Penyajian: penguraian isi pembelajaran menggunakan metode dan media yang relevan dengan tujuan pambelajaran, contoh dan contoh penerapan dalam kehidupan, latiahan yang relevan dengan tujuan pembelajaran, tes formatif yang dapat mengukurtingkat tingkat capaian tujuan pembelajaran .

·         Penutup: rangkuman, kunci jawaban dan pemberian skor hasil test. Tindak lanjut tentang cara memperbaiki jawaban yang salah melalui mempelajari kembali  uraian dan latihan.

Saya mengutip kata kata om Jay “Strategi pembelajaran yang mengandung komponen utama pembelajaran secara lengkap memberikan jaminan terjadinya PROSES PEMBELAJARAN INTERAKTIF”

Nah pelajaran 1

Berbicara dimuka umum/public speaking

Dibidang ini, banyak khalayak mengatakan bahwa seorang guru adalah handal dalam berbicara dimuka umtum karena sudah terbiasa mengajar didepan siswa.

Pendapat demikian sebenarnya tidak selalu benar, karena menajar didepan kelas berbeda dengan ketika kita menjadi mc, moderator atau pidato bahkan story telling.

Bicara didepan kelaspun sering kali seorang guru tidak mampu menyampaikan dengan baik, sehingga banyak siswanya yang malas mendengarnya dan berharap segera bel berbunyi agar guru tersebut segera hengkang dari kelas. Hal ini juga pernah dan sering terjadi pada saya.

Karena hal ini acapkali terjadi pada guru guru diseluruh Indonesia, maka banyak trainer trainer atau narsum narsum handal yang ditampilkan oleh Om Jay, agar para guru di Indonesia mampu merubah pola bicara, pola ajar bahkan pola kebiasaan dan pola ajar.

 



Comments

IBU

BLOG SEBAGAI SARANA BELAJAR DAN MENGAJAR

DESIGN COVER BUKU YANG MENARIK

MEMBUAT FLYER DAN INFOGRAFIS